SIMAMORA DO AU

PUTRA PALUTA

Merpati Buka Rute Baru Medan-Aek Godang

>> 10 Januari 2010

PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) membuka lagi rute baru di wilayah Sumatera Utara yaitu rute Medan-Aek Godang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pulang pergi (pp) sebagai kelanjutan penandatanganan Merpati dengan Pemda Propinsi Sumatera Utara awal 2003.

Menurut General Manager Corporate Affairs Merpati, Imam Turidy, di Jakarta, Jum'at (19/12), dalam kesepakatan itu Merpati akan menerbangi rute Medan-Sibolga pp, Medan-Gunung Sitoli pp, Medan-Aek Godang pp, Medan-Silangit (Siborong-borong) pp, serta Medan-Sibisa (Parapat) pp.

Penerbangan ke Aek Godang, Padang Sidempuan tersebut telah dimulai sejak 15 Desember 2003 dengan harga tiket Rp375.000, sudah termasuk PPn dan asuransi. Sebelumnya, telah dilayani penerbangan ke Sibolga dan Gunung Sitoli sejak 29 Januari 2003.

Menurut Imam, pembukaan rute baru Medan-Aek Godang pp itu ditandai dengan penerbangan perdana (Inaugural Flight) Medan-Aek Godang pp diresmikan Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Utara, Rudolf Panggabean, dihadiri Komisaris Utama Merpati, Muchtarudin Siregar, dan Direktur Utama Merpati, Hotasi Nababan.

Dikatakan, penerbangan selanjutnya akan dioperasikan sebagai penerbangan berjadwal yang dilayani tiga kali per minggu, setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at. Penerbangan Sutera I ini menggunakan pesawat CN-235 yang berkapasitas 35 tempat duduk.

Pembukaan penerbangan di wilayah Tapanuli Selatan untuk memperlancar mobilitas masyarakat, khususnya transportasi antardaerah dan diharapkan juga meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di sektor perkebunan kelapa sawit.

"Penerbangan Sutera I untuk rute Medan-Gunung Sitoli dan Medan-Sibolga cukup baik, tingkat isian pesawatnya secara rata-rata 80-85 persen. Bahkan khusus rute Medan-Gunung Sitoli yang semula tiga kali seminggu, kini berkembang menjadi tujuh kali per minggu," katanya.

Dirut Merpati Hotasi Nababan mengatakan berdasarkan atas perkembangan pasar penerbangan baru itu, maka sejak 1 September 2003 Pemprov Sumatera Utara sudah menghapuskan subsidi untuk rute Medan-Gunung Sitoli (pp). Sehingga sejak itu pula Merpati telah mengoperasikan pesawatnya secara mandiri.(y)

0 komentar: