SIMAMORA DO AU

PUTRA PALUTA

Medan-Aek Godang 45 Menit

>> 11 Januari 2010

Tiket Rp724.500, Susi Air 2 Kali Terbang

SIDIMPUAN-METRO; Untuk melayani penumpang yang hendak mudik Lebaran, pesawat komersil Susi Air melakukan penerbangan dua kali dari Aek Godang Padang Lawas Utara tujuan Medan pulang pergi. Begitupun, untuk mudik dengan pesawat bermuatan 12 penumpang ini, harga tiket mengalami kenaikan sekitar 15 persen dari Rp630.000 menjadi Rp724.500 per penumpang.

"Sejak Minggu (6/9) kemarin maskapai Susi Air sudah melakukan 2 kali penerbangan. Hari biasa hanya sekali penerbangan," ujar Amel salahseorang karyawan Susi Air yang ditemui di kantornya di Jalan SM Raja, Padangsidimpuan, Senin (7/9) kemarin.

Amel mengakui, pihak maskapai Susi Air menaikan ongkos pesawat Aek Godang tujuan Medan sebesar 15 persen sejak seminggu sebelum Lebaran dan seminggu sesudah Lebaran. "Biasanya tiket Aek Godang-Medan sebesar Rp630.000 tapi dinaikkan menjadi Rp724.500," kata Amel sembari menambahkan, manajemen Susi Air menaikkan tiket pesawat karena meningkatkan pesanan dari penumpang yang hendak mudik.

Diterangkan Amel lagi, sebagian besar penumpang yang datang dari Medan tujuan Aek Godang adalah perantau yang bekerja di Padangsidimpuan. Kata Amel, penumpang memilih naik Susi Air karena jarak tempuh Medan-Aek Godang hanya memakan waktu sekitar sekitar 45 menit. Sementara jika menggunakan jalur darat, Medan-Aek Godang bisa memakan waktu 10 hingga 11 jam.

"Jadwal keberangkatan setiap hari dimulai pukul 10.00 WIB dan pukul 12.00 WIB. Pesawat baru akan berangkat jika penumpang sedikitnya sudah berjumlah 11 orang. Kalau kurang dari itu maskapai bisa merugi," kata Amel.

Amel menambahkan, dibanding tahun 2008, jumlah penumpang mengalami kenaikan di tahun 2009 sekitar 70 sampai 100 persen.

Untuk diketahui, Susi Air pada awalnya melayani penerbangan di Aceh pasca tsunami dengan rute Meulaboh-Simeuleu. Tapi karena jumlah penumpang mengalami peningkatan selama dua bulan terakhir dengan 3.000 penumpang per minggu, maka penerbangan terus dipertahankan.

Maskapai penerbangan Susi Air melakukan penerbangan perdana dengan rute Silangit-Medan. Pesawat ini juga melayani rute Aek Godang–Medan dan Sibisa-Medan. Sejauh ini, maskapai penerbangan Susi Air bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. (mag01/dok)

0 komentar: